PRODUK ASURANSI SYARIAH
SIAGAKOE

Asuransi Syariah SiagaKoe dirancang untuk memberikan perlindungan kepada anda terhadap risiko-risiko cidera akibat kecelakaan. Dilengkapi dengan benefit pengobatan akibat kecelakaan dan benefit tambahan untuk perlindungan maksimal bagi anda dan keluarga.

 

MANFAAT ASURANSI 


Siagakoe memiliki beberapa fitur manfaat untuk proteksi diri anda utamanya dalam menghadapi risiko kecelakaan. Kmai siapkan 5 paket manfaat yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Anda juga dapat mengikutsertakan anggota keluarga anda dalam program asuransi ini. Berikut ini adalah tabel manfaat Siagakoe :  

 

KONTRIBUSI


Kontribusi Asuransi (premi) Siagakoe sangat terjangkau mulai dari Rp. 115.000 untuk paket terendah. Selengkapnya anda dapat melihat tabel kontribusi berikut:     

 

KETENTUAN TEKNIS


 

Akad Asuransi Syariah

Program Asuransi ini dilaksanakan berlandaskan pada prinsip-prinsip syariah, dengan mengimplementasikan akad-akad asuransi syariah sesuai dengan fatwa Dewan Syariah Nasional MUI dan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Berikut ini adalah akad asuransi yang dipergunakan :

  1. Akad Tabarru adalah akad diantara peserta asuransi yang berisi kesediaan untuk menghibahkan sejumlah dana (dana tabarru) sebagai dana tolong menolong apabila diantara peserta mengalami musibah yang dijamin oleh polis asuransi.
  2. Akad Wakalah bil Ujrah yaitu akad tijarah dimana peserta menguasakan pengelolaan asuransi kepada perusahaan asuransi syariah dengan memberikan imbalan (ujrah) kepada perusahaan atas jasanya melakukan pengelolaan asuransi tersebut.
  3. Akad Mudhorobah yaitu akad yang digunakan dalam pengelolaan investasi dana tabarru.

 

Ketentuan Paket

Kategori Usia Peserta :

  1. Anak : 1 - 17 tahun
  2. Dewasa : 18-60 Tahun

Pilihan Paket untuk keluarga, berlaku ketentuan pilihan paket seragam untuk seluruh anggota keluarga  

Kategori Paket: 

  1. Individu : Peserta individu usia dewasa 18-60 tahun
  2. K.0 : Pasangan suami istri tanpa memiliki anak, atau single parent dengan anak satu
  3. K.1 : Peserta Pasangan suami istri dengan anak satu, atau single parent dengan anak dua 
  4. K.2 : Peserta Pasangan suami istri dengan anak dua, atau single parent dengan anak tiga 
  5. K.3 : Peserta Pasangan suami istri dengan anak tiga

Apabila Peserta mengambil paket untuk keluarga, maka manfaat berlaku untuk masing-masing anggota keluarga yang namanya tercantum di dalam Polis.

Untuk manfaat jaminan biaya pengobatan akibat kecelakaan, formulir klaim dan kwitansi pengobatan dapat berupa copy yang dilegalisir oleh dokter / Klinik / Rumah Sakit setempat

 

Periode Asuransi 

Periode Asuransi adalah 12 bulan 

 

PENGECUALIAN 


Harap dipahami bahwa dalam asuransi terdapat risiko-risiko, atau keadaan yang dikecualikan dan tidak dijamin, antara lain sebagai berikut:  

  1. Kelainan Bawaan
  2. Bunuh diri atau usaha bunuh diri atau mencederai diri.
  3. lkut dalam kegiatan perang, kudeta, demonstrasi, huru-hara,
  4. pemogokan dan tawuran.
  5. Kecelakaan yang ditimbulkan dari pengaruh alkohol, narkotik, obat
  6. bius atau obat-obatan psikotropik.
  7. Berpartisipasi dalam lomba atau kegiatan olah raga profesional.
  8. Terkena radiasi, kontaminasi oleh radioaktif
  9. Psikotis, kelainan mental / stress & syaraf.

Pengecualian lain akan dimuat dalam polis asuransi. Kami sarankan anda untuk membaca polis dengan seksama. 

 

IKUT ASURANSI INI


Penutupan Asuransi

  1. Untuk dapat mengajukan permohonan penutupan asuransi, anda diminta mengisi Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA)
  2. Dalam SPPA dimaksud harus dimuat informasi terkait dengan identitas dan informasi peserta yang akan diasuransikan
  3. SPPA dilampiri copy KTP peserta atau Kartu Keluarga
  4. Syariah Bumida akan melakukan assessment risiko dan selanjutnya menetapkan akseptasi atas penutupan dimaksud dengan menerbitkan polis asuransi.

Proses Penerbitan Polis

Bumida Syariah akan menerbitkan polis atas nama pemegang polis, berikut nota tagihan kontribusi yang menyebutkan berapa nilai kontribusi yang harus dibayarkan.  

Pembayaran Kontribusi 

Setelah menerima polis asuransi beserta nota tagihannya, segera bayarkan kontribusi asuransi.

Penting : Demi keamanan transaksi anda, Pembayaran kontribusi agar menggunakan mekanisme transfer bank ke rekening yang tertera pada nota tagihan. Anda diberikan waktu maksimal 30 hari untuk melakukan pembayaran ini. Keterlambatan pembayaran dapat menyebabkan batalnya jaminan. 

 

KLAIM ASURANSI


Pelaporan Klaim

Bila terjadi suatu risiko yang menyebabkan klaim peserta  sesegera mungkin memberikan laporan kepada pengelola secara tertulis dalam waktu 3 hari dan selanjutnya dalam waktu 7 hari menyapaikan tuntutan ganti rugi memuat besarnya kerugian yang diderita.

Dokumen Klaim

  1. Mengisi formulir klaim PA dan ditandatangani oleh peserta dan Dokter yang merawat.
  2. Melampirkan dokumen pendukung yaitu:
  • Untuk Perawatan di Rumah Sakit/Puskesmas/Balai Pengobatan berupa: kwitansi/rincian pengobatan (asli atau copy yang dilegalisir RS/Balai Pengobatan/Puskesmas).
  • Untuk Meninggal dunia berupa Surat keterangan kelurahan atau kepolisian atau dokter/Rumah Sakit.
  • Untuk biaya ambulan berupa kwitansi ambulan dari pihak rumah sakit.
  • Untuk biaya repatriasy berupa surat/kwitansi pengangkutan jenazah dari instansi yang berwenang.
  • Untuk biaya proteche berupa surat rujukan dari dokter dan kwitansi pembelian alat Bantu tersebut.

      3. Batas pengajuan berkas klaim maksimum adalah 90 hari dari tanggal kejadian/kerugian.

 

INFORMASI LAIN 


Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi agen asuransi kami atau kantor operasional kami yang terdekat dengan tempat anda. 

 

 

Produk Asuransi ini terdaftar pada 

Copyrights © 2019 SyariahBumida. All Rights Reserved.