PRODUK ASURANSI SYARIAH
ASURANSI SYARIAH PERJALANAN

SAFARINS Hajj & Umrah adalah program asuransi syariah perjalanan yang ditujukan untuk memberikan perlindungan bagi Jamaah Umrah atau Haji yang dilengkapi dengan fitur manfaat dan fasilitas bantuan darurat 24 jam untuk mengantisipasi kejadian darurat di luar negeri.


 
MANFAAT DAN KONTRIBUSI ASURANSI 

Penjelasan perihal jaminan dan manfaat termuat dalam polis asuransi.  

 
LAYANAN BANTUAN DARURAT 

Asuransi ini dilengkapi dengan manfaat layanan darurat jika terjadi suatu kejadian di luar negeri. Layanan darurat dimaksud meliputi Manfaat pada Bagian 3 yaitu: 

  • Pemindahan Pasien Darurat (evakuasi medis ) 
  • Pemulangan Pasien ke tempat asal (repatriasi medis)
  • Pemulangan Jenazah (repatriasi jenazah) 
  • Biaya Kunjungan keluarga
  • Pemulangan anak 

Selain itu terdapat fitur bantuan lain diantaranya : 

  • Rujukan dan informasi Penasehat hukum 
  • Rujukan dan informasi penerjemah 
  • Informasi Kedutaan Besar RI atau Konsulat RI 
  • Rujukan informasi jika bagasi anda hilang ketika dalam pengawasan maskapai 
  • Pengaturan perawatan di luar negeri 
  • dan lainya 

Tidak ada manfaat tunai atas layanan darurat ini.

Fasilitas Bantuan darurat ini berlaku 3 (tiga) jam sebelum keberangkatan peserta meninggalkan Indonesia dan berakhir 3 (tiga) jam setelah anda tiba kembali di Indonesia 


Untuk mendapatkan layanan darurat, peserta dapat menghubungi ALARM CENTER 24 JAM sebagai berikut:  

 
SYARAT DAN KETENTUAN 

SYARAT PESERTA ASURANSI


  • Peserta asuransi dalam hal ini jamaah umrah atau haji dalam keadaan sehat untuk melakukan perjalanan ibadah 
  • Berusia maksimal 90 (sembilan puluh) tahun 
  • Peserta anak-anak adalah anak kandung biologis atau anak angkat yang sah secara hukum dan berusia maksimal 18 tahun dan belum menikah 
  • Kecuali disetujui lain, SAFARINS Hajj & Umrah hanya berlaku untuk kelompok minimal 10 (sepuluh ) orang dalam pengaturan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) yang memiliki izin Kementerian Agama RI  
  •  

KETENTUAN SKALA MANFAAT 


Terhadap manfaat asuransi khususnya Bagian 1 dan Bagian 2, berlaku skala benefit sesuai dengan prosentase berdasarkan usia sebagai berikut :

USIA PESERTA  PROSENTASE BATAS MANFAAT 
1 tahun  s/d 17 tahun  50%
18 tahun s/d 70 tahun 100%
71 tahun s/d 80 tahun  50%
81 tahun s/d 90 tahun  25%

batas manfaat dihitung berdasarkan prosentase di atas dikalikan dengan batas manfaat yang tertera pada tabel manfaat.

 

BATAS WILAYAH PERJALANAN 


  • Asuransi ini hanya berlaku dalam batas wilayah yang tertera dalam polis 
  • Asuransi ini mengecualikan kunjungan ke negara-negara : Afganistan, Kongo, Irak, Suriah, Liberia, Sudan, Myanmar, dan negara-negara yang termasuk dalam travel warning Pemerintah RI 
  • Kecuali telah disetujui sebelumnya, polis ini juga mengecualikan kunjungan ke wilayah Palestina. 

 

BERLAKUNYA ASURANSI   


Ketentuan Umum 

  • Jaminan asuransi mulai berlaku sejak peserta asuransi meninggalkan rumah , atau 24 (dua puluh empat) jam sebelum meninggalkan imigrasi Indonesia untuk melakukan perjalanan Umrah atau Haji, mana yang paling akhir terjadi, dan 
  • berakhir dengan sendirinya ketika peserta tiba kembali di rumah atau tempat tinggal tetapnya di Indonesia atau   24 (dua puluh empat) jam setelah peserta meninggalkan Imigrasi untuk masuk ke Wilayah Indonesia, mana yang paling awal terjadi. 

Ketentuan Khusus 

  • Layanan darurat berlaku 3 (tiga) jam sebelum jadwal keberangkatan penerbangan dari Indonesia dan berakhir 3 (tiga)  jam setelah jadwal kedatangan penerbangan ke Indonesia dari luar negeri 
  • Manfaat pembatalan perjalanan berlaku untuk peristiwa yang menyebabkan pembatalan yang terjadi maksimal 14 (empat belas) hari sebelum jadwal keberangkatannya, atau 24 jam setelah tanggal diterbitkannya polis asuransi mana yang paling akhir, dan berakhir pada saat peserta meninggalkan Indonesia   

 

 
PENGECUALIAN 

Asuransi ini mengecualikan risiko-risiko : 

  • Kecurangan dan ketidakjujuran 
  • Segala risiko akibat keadaan keuangan PPIU
  • Penyitaan, penahanan yang dilakukan oleh pabean atau petugas pemerintah yang berwenang 
  • Bunuh diri, percobaan bunuh diri atau tindakan melukai diri sendiri 
  • Kelainan kejiwaan
  • Kerugian lanjutan 
  • Penggunaan narkoba, minuman keras dan sejenisnya 
  • Kondisi medis khusus seperti, peserta dalam keadaan tidak sehat untuk melakukan perjalanan, perawatan kesehatan yang tidak diperlukan secara medis , kehamilan dan keguguran, HIV/AIDS 
  • Perjalanan untuk tujuan menetap di luar negeri 
  • Perang, invasi, pemberontakan, terorisme dan sabotase 
  • Radiasi, ionisasi nuklir 

Selain itu terdapat beberapa pengecualian khusus pada tiap bagian manfaat yang termuat pada polis asuransi.  

Kami sarankan anda dapat membacanya dengan seksama.  

 
INTEGRASI DENGAN SISKOPATUH 

Syariah Bumida telah terintegrasi dengan SISKOPATUH Kementerian Agama RI. Untuk mendapatkan layanan asuransi dari kami, anda dapat memilih nama kami "SYARIAH BUMIDA", pada menu asuransi di SISKOPATUH. 

Lakukan pembayaran kontribusi melalui Bank Penerima Setoran (BPS) yang ditunjuk Kemenag RI sesuai dengan tabel kontribusi sesuai paket asuransi yang anda pilih. Data Jamaah yang diasuransikan akan termuat dalam SISKOPATUH dan akan kami terima secara otomatis  setelah kontribusi dibayarkan melalui BPS. 

 
KLAIM ASURANSI 

PELAPORAN KLAIM 


Untuk mengajukan klaim asuransi anda dapat menghubungi Kantor Operasional kami yang terdekat dengan anda atau Kantor Operasional yang menerbitkan polis untuk memberitahukan perihal adanya klaim 

Waktu pelaporan klaim adalah 15 (lima belas) hari sejak kedatangan anda di Indonesia.   

 

DOKUMEN KLAIM 


Anda diminta untuk menyerahkan dokumen sebagai bukti pendukung klaim anda, antara lain: 

  • Formulir klaim 
  • Copy bukti pembayaran kontribusi 
  • Copy Paspor 
  • Tiket penerbangan 
  • Surat pengantar dari PPIU  

Sedangkan untuk dokumen lainnya akan dimintakan berdasarkan jenis klaim yang anda ajukan. 

Rincian dokumen klaim termuat dalam polis asuransi. Sebaiknya anda membacanya dengan seksama. 

 

PEMBAYARAN KLAIM 


Suatu manfaat asuransi yang telah disepakati atas suatu klaim yang diajukan akan dibayarkan paling lambat 30 (tiga puluh) hari 

 

KADALUARSA 


Suatu klaim akan dianggap kadaluarsa bila peserta tidak diberitahukan sesuai dengan batas waktu dan tidak dilengkapi dokumennya dalam waktu 90 (sembilan puluh) hari.  

 

 
LAIN-LAIN 

Produk asuransi SAFARINS dikelola berdasarkan prinsip syariah dengan menggunakan akad-akad asuransi sesuai ketentuan Dewan Syariah Nasional - Majelis Ulama Indonesia serta Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Produk Asuransi SAFARINS telah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 

Copyrights © 2019 SyariahBumida. All Rights Reserved.